KOTAKU BKM Panji Sejahtera Gandeng Kampus ITATS Gelar Pelatihan Sabun Cair - KOTAKU KOORKOT SURABAYA

KOTAKU KOORKOT SURABAYA

Pembaca yang baik belum tentu menjadi penulis yang baik, tapi penulis yang baik pasti pembaca yang baik[ Ilham JP]


Website ini merupakan media informasi seputar Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kluster Surabaya: Kota Surabaya Kab.Bangkalan Kab.Pamekasan Kab.Sumenep
Selamat Datang di Website KOTAKU Koorkot Surabaya

Total tayangan

Senin, 15 Juli 2019

BKM Panji Sejahtera Gandeng Kampus ITATS Gelar Pelatihan Sabun Cair

Pada hari Sabtu 13 Juli 2019, bertempat di Balai Pertemuan Kelurahan Panjang Jiwo. Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Panji Sejahtera, Kelurahan Panjang Jiwo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya bekerja sama dengan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS), menggelar pelatihan membuat sabun cair
Acara pelatihan dibuka oleh Lurah Panjang Jiwo, Sumadi, dalam sambutannya, Sumadi berharap kepada warga yang menjadi peserta dalam pelatihan ini betul-betul menyimak paparan materi dari tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) tersebut. Sehingga pasca pelatihan peserta dapat menerapkan secara mandiri proses pembuatan sabun cair. “Harapan kami kepada bapak/ibu yang hadir di pelatihan ini supaya menyimak dengan seksama apa yang dipaparkan oleh instruktur pelatihan sehingga bapak/ibu dapat mengembangkannya secara mandiri,” pungkasnya.
 Menurut Suhadi, Koordinator Pimpinan Kolektif Badan Keswadayaan Masyarakat (PK BKM) Panji Sejahtera Kelurahan Panjang Jiwo, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan serta memberikan bekal kepada masyarakat untuk membuka usaha (wirausaha) di bidang produksi sabun cair untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. “Sebetulnya agenda ini sudah lama kami gagas bersama anggota Pimpinan Kolektif Badan Keswadyaan Masyarakat (PK BKM) Panji Sejahtera untuk memberdayakan dan memberi dukungan usaha kepada masyarakat melalui pelatihan produksi sabun cair, untuk selanjutnya di pasarkan secara online maupun offline,” Ujar pria paruh baya itu.
  Di samping itu, PK BKM Panji Sejahtera telah merancang instrumen rantai produksi – distribusinya dalam rangka mempermudah pemasaran usai pelatihan berlangsung. “Jadi, kami telah memikirkan dengan matang potensi pemasarannya, agar penjualannya terus meningkat. Sebab, di sekitar Kelurahan Panjang Jiwo ini banyak sekali tempat usaha yang bisa diajak bekerja sama,” lanjutnya.
Sumber dana pelatihan ini berasal dari anggaran alokasi sosial laba Unit Pengelola Keuangan (UPK) tahun 2017 senilai Rp. 3.300.000 dan swadaya masyarakat senilai Rp. 202.000 dengan total Rp. 3.502.000. “Pelatihan ini didanai oleh kegiatan ekonomi yang bergulir di masyarakat yakni laba UPK tahun 2017 yang diberikan kepada BKM dan swadaya masyarakat. Sebab itu, kami anggarkan untuk memberdayakan masyarakat,” ia menambahkan.

 Sejatinya,  dana yang berasal dari masyarakat seyogyanya bermanfaat pula kepada masyarakat. peserta pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 25 orang, dibagi menjadi 5 kelompok untuk selanjutnya di tetapkan menjadi Kelompok Swadya Masyarakat (KSM) Ekonomi di kelurahan Panjang Jiwo. “Peserta pelatihan kami undang sebanyak 25 orang yang tersebar dibeberapa RW di Kelurahan ini, dan nanti akan kami bentuk menjadi 5 kelompok KSM Ekonomi,” tutupnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS), Kartika. Bahwa pihaknya siap bersinergi dengan BKM Panji Sejahtera apabila sewaktu-waktu membuat program yang lain, bahkan ia pun menawarkan program pelatihan pengolahan limbah apabila dibutuhkan oleh masyarakat. “Kami siap membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan BKM Panji Sejahtera untuk bersinergi dan mengabdi kepada masyarakat,” ungkap Kartika.     
Ilyasin Yusuf Penulis adalah Fasilitator Sosial Tim Faskel 01 Korkot Cluster 04 Kota Surabaya 
OSP 3 Jawa Timur

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#header:hover { -webkit-transition-duration: 3s; -moz-transform: rotate(360deg); -webkit-transform: rotate(360deg); }
JANGAN LUPA BAHAGIA